Home » » Laporan Reses II Tahun 2011

Laporan Reses II Tahun 2011

Written By FRAKSI PKS WONOGIRI on Selasa, 02 Agustus 2011 | 21.13

LAPORAN HASIL RESES II

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN WONOGIRI

TAHUN 2011

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

· Yang Terhormat, Saudara Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Pimpinan dan Anggota Dprd Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Komandan Kodim 0728 Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Kapolres Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Sekretaris Daerah Berikut Jajaran Eksekutif;

· Yang kami hormati pula rekan-rekan wartawan, hadirin sekalian dan masyarakat Wonogiri yang di Rahmati Allah swt.

Sidang paripurna yang terhormat;

Sebelum penyampaian LAPORAN HASIL RESES II ANGGOTA DPRD FPKS TAHUN 2011 pada kesempatan yang berbahagia ini terlebih dahulu marilah kita senantiasa memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat hidayah dan inayah-Nya pada hari ini kita masih diberi kesempatan melakukan kebajikan, mengabdi kepada masyarakat, berkat pertolonganNya pula kita senantiasa diberi kekuatan perjuangan hidup serta diberikan karunia sehat wal’afiat guna mengikuti sidang paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri.

Sebelum menyampaikan Laporan Reses II Tahun 2011 ini, perkenankan kami mengingatkan bahwa saat ini kita sudah dipenghujung bulan Sya’ban, khusus bagi yang beragama Islam, untuk menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan yang tidak akan lama lagi, insya Allah. Untuk itu marilah kita untuk senantiasa meningkatkan amalan kita. Rasulullah selalu memberikan beberapa nasehat dan pesan-pesan ketika memasuki bulan Ramadhan.

Wahai manusia, sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-NYA. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya.

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1432 H TAHUN INI, SEMOGA BAROKAH DAN AMPUNAN ALLOH SELALU HADIR PADA KITA SEMUANYA,AMIN.

Harapan mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan oleh BPK adalah menjadi dambaan kita semua, kapan kita semua dapat merealisasikannya, memang tidaklah mudah untuk itu, hanya dengan tekad dan kebersamaan dalam mematuhi regulasi yang ada adalah kuncinya, catatan kami hampir setiap tahun Laporan keuangan kita selalu Wajar Dengan Pengecualian, kita masih berat dalam Pengelolaan aset-aset kita, kapan persoalan aset selesai, menjadi PR kita semua, kadang kita harus berpikir semua harus dimulai dari kita yang paling mudah yaitu dengan cara memberi tanda/logo semua barang-barang inventaris milik Pemerintah daerah, mulai mebeler sampai dengan Mobil Operasional, alangkah indahnya jika Kendaraan Dinas Saudara Bupati ada tulisannya”MOBIL OPERASIONAL BUPATI WONOGIRI APBD TAHUN 2010 dan adalagi misalnya “KENDARAAN OPERASIONAL KETUA DPRD WONOGIRI” atau kendaraan operasional lainnya, untuk tertib inventaris sekali lagi harus dimulai dari kita dan bukan sekedar jargon ataupun keinginan semata.

Sidang Dewan Yang Terhormat,

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah Pasal 45 huruf e bahwa Anggota DPRD mempunyai kewajiban “menyerap, menampung, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat” berdasarkan surat keputusan Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri Nomor 10 Tahun 2011 tanggal 10 Juni 2011 tentang Pelaksanaan Masa Reses tahap II (kedua). Reses dilaksanakan tanggal 18-22 Juli 2011 dan didalam melaksanakan kegiatan reses tersebut anggota dewan wajib mengunjungi dan melaksanakan penyerapan aspirasi masyarakat dari daerah/wilayah asal daerah pemilihanya. Serta membuat laporan pelaksanaan kegiatan reses tersebut secara perorangan maupun kelompok yang dihimpun oleh Fraksi dan dilaporkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri. Maka Seluruh Anggota FPKS telah melaksanakan Masa Reses Tahap II Tahun 2011 dengan sebaik-baiknya, yaitu;

1. Sdr. Drs. H. Hamid Noor Yassin, Dapil 1

2. Sdr. Ir. Dwi Hatmoko, Dapil 1.

3. Sdr, Ahmad Zarif, SE. Dapil 2

4. Sdr, Jarmono,SE, Dapil 3

5. Sdr. H. Abdullah Rabbani, SE, Dapil 4.

6. Sdr. dr. Ngadiyono, Dapil 5.

Keenam Anggota FPKS telah melaporkan hasil tugas Pelaksanaan Reses Tahap 2 ini, yang dapat kami rangkum menjadi dua bagian yang tak terpisahkan yaitu Bagian Pertama berupa masukan, saran pendapat, kritik dari elemen masyarakat terkait dengan permasalahan aktual saat ini, sedangkan bagian kedua hasil Penjaringan Aspirasi Masyarakat selama masa reses ini.

BAGIAN PERTAMA

Merupakan rangkuman saran pendapat, masukan dan kritikan masyarakat terkait pelaksanaan kebijakan pembangunan saat ini, yang dapat kami rangkum sebagai berikut:

1. Keberadaan tenaga Pendidikan baik GTT/TTT terutama dunia Pendidikan Swasta telah banyak membantu keberlangsungan proses pendidikan Wonogiri, bahkan kemandiriannya dalam pengadaan sarana dan prasarana disekolahnya patut kita apresiasi bersama, namun upaya kita dalam meningkatkan kesejahteraanya masih sangat terbatas, untuk itu FPKS berharap tunjangan fungsional maupun insentif bagi GTT/TTT tersebut hendaknya tepat waktu, mengingat hanya dengan itulah tenaga pendidikan tersebut bergantung, kami menyadari jumlahnya tidak seberapa jika dibanding dengan kebutuhsn hidup saat ini, sehingga kami berharap Dinas Pendidikan segera berupaya mencairkan tunjangan tersebut yang 6 bulan belum terbayarkan.

2. Rencana Pembangunan Waduk Pidekso turus bergulir, keresahan warga 3 desa yaitu Desa Tukulrejo, Desa Gedongrejo dan Desa Pidekso terus berlangsung, kegiatan kajian dan Survey dari Balai Besar Bengawan Solo belum segera membuahkan hasil sehingga kepastian terhadap 3 alternatif Pembangunan waduk belum dapat diharapkan, oleh karena kami berharap Saudara Bupati beserta jajarannya untuk segera bersikap dan berkoordinasi untuk mendapatkan hasil terbaik, sosialisasi terhadap keuntungan yang akan didapat masyarakat untuk segera diwujudkan, kami mengingatkan semakin berlarutnya waktu kepastian PENOLAKAN WARGA akan bertambah besar.

3. Kekosongan Perangkat Desa yang sudah berlangsung tahunan belum juga ada kepastian pengisiannya, padahal keberadaanya sangatlah dibutuhkan warga dalam pelayanan masyarakat ditingkat desa, kami berharap kekosongan perangkat desa ini untuk segera ditindaklasnjuti.

4. Kenaikan bahan kebutuhan pokok menjelang Bulan Puasa dan Lebaran terus berlangsung, kenaikan yang hampir tiap hari terjadi telah menambah beban masyarakat dalam menyambut bulan Suci tersebut, FPKS berharap Saudara Bupati secara proaktif turun ke lapangan mengantisipasi kenaikan bahan kebutuhan pokok tersebut.

5. Sosialisasi terhadap Program JAMINAN PERSALINAN (JAMPERSAL ) belum banyak menyentuh masyarakat luas, padahal Program tersebut menjamin Pelayanan pemeriksaan kehamilan dan Persalinan secara GRATIS tanpa pandang bulu apakah sikaya apa si miskin, pantauan kami dilapangan banyak petugas kesehatan yang setengah hati melaksanakan program ini, dengan alasan tarifnya terlalu murah, untuk itu kami usul Saudara Bupati terjun ke lapangan turut sosialisasikan program ini, apalagi 3 milyar telah disediakan Pemerintah Pusat untuk Wonogiri, alangkah nestapanya kita jika anggran tersebut tidak terserap.

6. Demikian juga dengan masalah Jamkesmas, masih banyak warga miskin kita yang kehilangan hak mendapatkan jamkesmasnya karena kuota yang tersedia sangat terbatas, namun kita sudah memiliki saving berikutnya melalui Jamkesda dan bantuan keuangan melalui SKTM, itupun masih banyak warga miskin yang belum mendapatkannya, kita juga sudah mendapatkan Jamkesda Provinsi, namun lagi-lagi soal birokrasi yang berbelit dan sosialisasi yang tidak jelas terhadap program tersebut membuat PROGRAM KESEHATAN MASYARAKAT MISKIN kita menjadi tidak terkoordinasi secara baik, untuk itu kami mengharapkan, ada garis koordinasi secara terpadu antar SKPD yang menanganinya, sehingga tidak ada lagi seorang warga Tempurharjo Kec. Eromoko yang harus menunggu operasi tulang selama 3 tahun dihadapkan pada birokrasi, surat sakti untuk mengurusnya, pertanyaannya adalah kenapa jiwa melayani bagi warga miskin kita begitu rendah? Kami yakin masih banyak warga miskin lainnya yang mengalami nasib serupa, sekali lagi KOORDINASI DAN SINKRONISASI adalah jawabannya.

7. Pengawasan terhadap Distribusi pupuk bersubsidi, agar lebih ditingkatkan. Di Kecamatan Nguntoronadi, masih didapati oknum pengecer resmi yang nakal, sehingga rakyat petani yang lebih banyak dirugikan.

Di lapangan, pupuk dijual diatas ketentuan yang berlaku. Urea dijual sampai dengan Rp 85.000,-. Dokumen RDKK yang mestinya menjadi acuan dalam mengambil pupuk ke distributor sudah tidak dipakai

Sedangkan persoalan pupuk di Kecamatan Girimarto, ketika menggunakan RDKK kesulitan yang sering dijumpai warga adalah keterlambatan pupuk, padahal uang dari masyarakat sudah masuk terlebih dahulu. Sehingga sekarang ini warga mengambil jalan pintas dengan membeli langsung ke pengecer yang harganya lebih mahal Rp 5.000,- per sak.

8. Pengawasan penggunaan dana BOS agar lebih diintensifkan. Di lapangan masih sering ditemukan kasus yang merugikan para orang tua siswa oleh sekolah karena transparansi penggunaannya tidak ada sama sekali, kami harap sosialisasi bagi orangtua murid oleh sekolah harus optimalkan.

Sidang Dewan Yang Terhormat,

Demikianlah Laporan Hasil Reses II Anggota DPRD Fraksi PKS Kabupaten Wonogiri Tahun 2011. Fraksi kami berharap agar hasil reses dan penyerapan aspirasi ini betul-betul ditindaklanjuti sehingga hasil reses dan penyerapan aspirasi ini menjadi bagian dari dokumen perencanaan daerah.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Wonogiri, 26 Juli 2011

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DPRD KABUPATEN WONOGIRI

Ketua Sekretaris

Ahmad Zarif, SE dr. H. Ngadiyono

Juru Bicara :

dr. H. Ngadiyono

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. Fraksi PKS Wonogiri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger