Home » » Pemandangan Umum KUA PPAS APBD 2012 dan KUA PPAS APBD Perubahan 2011

Pemandangan Umum KUA PPAS APBD 2012 dan KUA PPAS APBD Perubahan 2011

Written By FRAKSI PKS WONOGIRI on Selasa, 02 Agustus 2011 | 21.05

PEMANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN WONOGIRI

ATAS

NOTA PENGANTAR BUPATI WONOGIRI TERHADAP

RANCANGAN KUA PPAS KABUPATEN WONOGIRI TAHUN ANGGARAN 2012 DAN RANCANGAN KUA PPAS APBD PERUBAHAN KABUPATEN WONOGIRI

TAHUN ANGGARAN 2011

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

· Yang Terhormat, Saudara Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Pimpinan dan Anggota Dprd Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Komandan Kodim 0728 Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Kapolres Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri;

· Yang kami hormati, Saudara Sekretaris Daerah Berikut Jajaran Eksekutif;

· Yang kami hormati pula rekan-rekan wartawan, hadirin sekalian dan masyarakat Wonogiri yang di Rahmati Allah swt.

Sidang paripurna yang terhormat;

Pada kesempatan yang berbahagia ini terlebih dahulu marilah kita senantiasa memanjatkan Puji Syukur ke hadirat Allah SWT, Wujud syukur kita kepada-Nya adalah kita bersama sama selalu meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada-Nya, karena dengan kualitas ketaqwaan ini kita akan selalu mendapatkan keberuntungan baik dunia maupun akhirat nanti. Shalawat dan salam semoga senantiasa tetap dilimpahkan kepada Utusan-Nya Muhammad SAW, sahabat-sahabatnya keluarganya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

Sebelum menyampaikan Pemandangan Umum KUA PPAS APBD Kabupaten Wonogiri Tahun 2012 dan KUA PPAS APBD Perubahan Tahun 2011 FPKS mengucapkan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1432 Hijriah/2011 M semoga kita menjadi umat yang bertakwa, mari kita anggap Ramadhan kali ini seakan Ramadhan terakhir bagi kita, agar kita bisa benar-benar serius dan khusuk dalam beribadah.


Sidang paripurna yang terhormat;

Mencermati nota pengantar Saudara Bupati tentang KUA PPAS APBD Kabupaten Wonogiri Tahun 2012 dan KUA PPAS APBD Perubahan Tahun 2011 Kabupaten Wonogiri, ada beberapa hal yang perlu penjelasan dari Saudara Bupati, di antaranya adalah :

A. KUA PPAS APBD Kabupaten Wonogiri Tahun 2012

1. Dari dahulu sampai dengan sekarang, masalah besar anggaran kita adalah minimnya anggaran untuk pembangunan, karena besarnya belanja pegawai baik gaji dan tunjangan di pos belanja tidak langsung maupun honor pegawai yang ada di pos belanja langsung. Tiap tahun anggaran, tinggal sekitar 110 milyar dari sekian trilyun. Dan sebenarnya juga sudah ada solusi yang sangat jitu untuk menutup kekurangan itu, yaitu yang0020melibatkan swadaya masyarakat yang kalau dinominalkan bisa mencapai 50% dari anggaran tiap program. Tetapi swadaya masyarakat itu memerlukan syarat, yaitu program tersebut yang melaksanaka adalah masyarakat langsung, bukan SKPD, bukan pihak ketiga dan lainnya. Tetapi dikelola masyarakat langsung dengan didampingi dinas terkait, hal ini terutama bidang pekerjaan umum.

Walaupun ada aturan mainnya, tetapi pemerintah pusat ternyata juga tidak melarang kalau Saudara Bupati/Pemda membuat kebijakan pembangunan dengan sistem swakelola masyarakat.

Pertanyaanya:

a) Kenapa kebijakan semacam ini tidak dituangkan dalam KUA PPAS APBD 2012?

b) Apabila program-program yang ada, dananya dikelola langsung oleh masyarakat Saudara Bupati/eksekutif akan kehilangan honor kegiatannya. Bagaimana pendapat Saudara Bupati menanggapi hal tersebut!

2. Bahwa rencana kenaikan pendapatan daerah APBD 2012, itu akan berdampak langsung pada anggaran belanja, sampai berapa % dipastikan data kenaikan pendapatan daerah, utamanya dana penyesuaian dan otsus (otonomi khusus) itu yang mencapai 49,27 milyar itu?

Mohon dijelaskan dasar-dasar kenaikan tersebut, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari setelah dana itu kita anggarkan untuk program kegiatan!

3. Prosentase belanja pegawai seluruhnya baik yang ada di pos belanja tidak langsung maupun di pos belanja langsung, berapa yang ada di:

a. Perubahan PPAS 2011 dan

b. PPAS 2012

Mohon penjelasannya!

4. PAD mengalami kenaikan sebesar Rp 1.608.811.149 kenaikan berasal dari salah satunya hasil pengelolaan kekayaan daerah.

a. Pertanyaanya adalah yang dipakai dasar perhitungannya memakai perda yang mana? Dan dari angka PAD tadi bagaimana rinciannya?

b. Bagaimana Saudara Bupati menyikapi perda No.6 Tahun 1999 yang masih dijjadikan acuan dalam perhitungan dengan kenyataan bahwa antara sewa dan retribusi kekayaan daerah sangat jauh sekali dari kondisi sekarang?

B. KUA PPAS APBD Perubahan Kabupaten Wonogiri Tahun 2011

1. Terkait dengan pembiayaan daerah di penerimaan mengalami kenaikan sebesar Rp 19.058.765.900 (sembilan belas milyar lima puluh delapan juta tujuh ratus enam puluh lima ribu sembilan ratus rupiah) y semula Rp 77.213.979.000 (tujuh puluh tujuh dua ratus tiga belas ribu tujuh ratus sembilan puluh tujuh ribu rupiah) menjadi Rp 100.272.744.900 (seratus milyar dua ratus tujuh puluh dua juta tujuh ratus empat puluh empat ribu sembilan ratus rupiah) menurut kami ada kekurangan jumlah penerimaan Rp 4 milyar. Kenapa bisa begitu tolong dicek kembali!

2. Dalam kegiatan pengadaan alat medis dan non medis, Pembangunan/ Rehab Sarana dan prasarana Puskesmas, Pustu dan jejaringnya serta pendampingnya luncuran APBD tahun 2010 di Dinas Kesehatan Kabupaten sebesar Rp. 1,34 Milyar yang pada Penetapan 2011 tidak ada, pertanyaanya adalah mengapa baru muncul di perubahan ini padahal ini adalah luncuran, apakah dulu lupa? Mohon penjelasannya?

3. Di DKK juga tidak jadi dianggarkanya penyusunan Raperda Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Dasar sebesar Rp. 15 juta rupiah, padahal Raperda tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini, misalnya enggannya para bidan desa dan dokter yang akan melayani program JAMPERSAL, mohon penjelasannya?

4. Dalam Rancangan Perubahan ini di RSUD dr. Soediran Mangoen Soemarso terdapat Penambahan Belanja untuk obat sebesar Rp 1 Milyar dan untuk Penyediaan jasa layanan Kesehatan Rumah sakit tahun 2010 sebesar Rp 1,2 Milyar, pertanyaannya adalah bagaimana dengan perencanaan saat penetapan 2011, padahal anggaran masih sebesar itu,mohon penjelasannya?

5. Demikian juga Dana alokasi khusus bidang Keluarga berencana tahun 2010 baru diluncurkan pada Perubahan tahun 2011 ini sebesar Rp.385.000.000,- mohon penjelasannya untuk kegiatan apa saja anggaran itu dan kenapa saat Penetapan 2011 lupa dicantumkan.

Sebelum kami mengakhiri pemandangan umum ini perkenankanlah kami menyampaikan sabda Rasulullah SAW: “Rubba shaaimin, laisa lahu min shiyaamihi illaljuu’i wal athasyi” artinya “Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi tidak mendapatkan apapun dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Al Hadits)

Agar tidak termasuk ke dalam golongan orang yang puasanya rusak tersebut, maka kita diharuskan untuk:

1) Menjaga pandangan mata dari hal-hal yang diharamkan.

2) Menjaga pendengaran dari hal-hal yang diharamkan.

3) Menjaga lisan dari hal-hal yang diharamkan.

4) Menjaga anggota tubuh lainnya dari hal-hal yang diharamkan.

5) Sederhana dalam berbuka.

6) Selalu mengharap rahmat Allah dan takut terhadap siksa Allah.

Demikian Pemandangan Umum dari Fraksi PKS DPRD Kabupaten Wonogiri ini sampaikan untuk selanjutnya akan kami cermati dalam sidang badan anggaran maupun sidang komisi anggaran. Ada kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Wonogiri, 3 Agustus 2011

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DPRD KABUPATEN WONOGIRI

Ketua Sekretaris

Ahmad Zarif, SE dr. H. Ngadiyono

Juru Bicara :

H. Abdullah Rabbani, SE

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. Fraksi PKS Wonogiri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger